Senin, 23 Desember 2013

Cara Merawat Kulit Berminyak Secara Alami

Cara Merawat Kulit
Kulit berminyak sebenarnya berpotensi untuk menjadikan seseorang terlihat awet muda. Namun, jika tidak melakukan perawatan yang benar, jenis kulit berminyak ini justru akan menimbulkan banyak masalah. Dari mulai wajah terlihat kusam dan licin, pori-pori besar, jerawat hingga komedo.

Oleh karena itu, pemilik kulit berminyak harus melakukan perawatan kulit yang maksimal agar kulit terutama kulit wajah senantiasa tampak sehat dan awet muda, bebas jerawat dan terhindar dari komedo.


Berikut ini beberapa cara merawat kulit berminyak menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kulit:

1. Air cucian beras

Jangan membuang air cucian beras pertama. Saring dan letakkan dalam wadah tertutup untuk ukuran 200ml lalu simpan di dalam kulkas. Air cucian beras mampu membantu mengatur kelembaban kulit bahkan pada kulit berminyak sekalipun. Bisa digunakan sebagai toner yang menyejukkan, mengatasi kuman dan mencerahkan wajah.

4. Masker Strawberry

Strawberry adalah buah yang mengandung vitamin C dan bagus untuk kesehatan kulit. Hancurkan buah strawberry dan gunakan pada wajah Anda. Gunakan secara teratur untuk membantu kulit lebih berseri dan kandungan minyaknya di wajah berimbang.

2. Masker lidah buaya

Daging lidah buaya yang dilumatkan dan dioleskan ke wajah dapat menjadi masker yang baik untuk mengatasi kulit berminyak. Kandungan di dalam lidah buaya mampu menenangkan kulit dan mendinginkannya.

5. Masker Lemon

Jangan heran bila lemon sering digunakan dalam berbagai kosmetik untuk kulit karena kandungan vitamin A, C, B1-B3 nya mampu membuat kulit nampak sehat dan terawat. Campur perasan lemon dengan putih telur kocok selama 10 menit dan bilas untuk mendapatkan kulit yang segar dan tidak seperti kilang minyak.

3. Spray mint dan dan mentimun

Face mist atau face spray bisa menjadi senjata andalan Anda ketika minyak di wajah sedang tak bersahabat di hari-hari aktif. Anda bisa membuat face spray sendiri dengan mint dan mentimun. Murah, mudah dan efektif untuk kulit berminyak.

6. Masker Tomat

Tomat mampu menjaga kelembaban alami kulit dan menjaganya tetap seimbang. Hancurkan buah tomat dan aplikasikan langsung di kulit Anda untuk mendapatkan khasiat vitaminnya. Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit perasan jeruk untuk membantu mengecilkan pori.

7. Masker Teh

Anda bisa menggunakan teh hijau maupun teh hitam untuk membantu mengatasi problem kulit berminyak. Celupkan kapas pada setengah cangkir teh hijau atau teh hitam. Pilah kapas menjadi beberapa bagian dan tempelkan di wajah. Masker teh ini mampu menjaga kulit dari masalah jerawat dan kulit kusam.

8. Masker Yoghurt

Gunakan yoghurt pada wajah yang sudah dibersihkan. Yoghurt kental dan dingin yang diaplikasikan pada daerah T bisa membantu mengecilkan pori dan mengatasi minyak berlebih.

9. Membersihkan Wajah

Saat mencuci muka, gunakan air hangat agar kotoran lebih mudah dikeluarkan. Kemudian bilasan pertama gunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Gunakan campuran air hangat dan dingin dengan air dingin lebih dominan untuk bilasan terakhir. Hal ini akan membuat pori-pori tidak mengeluarkan minyak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar